AKHIRNYA, BROMO !

by - December 11, 2017

18-19 Agustus 2017

okay, ini sudah terlalu lama untuk melanjutkan cerita, tapi tetep harus ditulis biar ga nyesel kalo pengen nginget2 tapi udah lupa :' oke semoga detail ceritanya belum begitu lupa yah karena saya yang sok sibuk sampai keinginan untuk konsisten nulis harus terbengkalai huhu.

Oke back to the topic, jadi setelah saya dan Dilla sampai di Mador dan disusul sama mbak Efa dan mbak rihana, sore harinya kami berencana jalan jalan sambil kulineran salah satunya ke MadameHwang yang sedari lama sudah kami stalking dan pingin banget mampir kesana karena tempatnya yang terlihat unyu, cozy cerah ceria serta seru banget.

Karena siangnya kami baru saja bisa check in, jadilah kami menikmati gegoleran suka suka di kamar sampai ketiduran. Dan baru bangun sore sore syahdu. Bangun tidur kita siap siap dong mau jalan jalan sore ke Madam Hwang. Sambil menunggu siap siap si Dilla seaching location di google maps dan hal yang tidak kami inginkan pun terjadi *zoom in, zoom out ala sinetron zaman now* , TUTUP. Oke waktu itu hari Jumat dan entah kenapa Madame Hwang tutup gasik pas hari jumat. Seketika kami hopeless kehilangan arah tsaah. Lebay. Gadeng akhirnya kami pindah haluan.

Setelah berkeliling kota Malang sore sore, sekitar habis maghrib kami pulang ke Mador. Setelah berbincang sebentar dengan roomate yang ternyata dari Semarang juga, akhirmya kami menuju bed masing-masing. Gausah ditanya, tentu yang saya lakukan adalah tiduuur. Kalau lagi bepergian, dan ada kesempatan untuk tidur saya adalah orang yang tak mau melewatkannya. Karena saya pikir malam nanti pasti tidurnya bakal kacau.

FYI, karena ini kali pertama kami ke Bromo jadi kami memilih jasa Open Trip. Sebelumnya pas baca blog punya orang yang pernah ke Bromo dan pernah juga nanya temen, rasanya ke Bromo itu bakalan ribet banget. Harus naik kereta, cari jeep sewaan belum lagi kalo gatau harga bisa rugi banget  kan ya. Nah Open Trip Smartway ini jadi solusi banget buat yang tetep pingin seru tanpa ribet. Walaupun Open trip tapi kita juga bisa banget jadi Private Trip kalau rombongan terdiri jadi 6 orang. Namun karena kami hanya berempat jadilah kami open trip dengan 2 orang lainnya yang belum kami tau. Macam surprise kan ya haha serunya disini. Pernah mikir sih ntar gimana ya kalau ternyata ga cocok, em ntar gimana ya kalau jadinya awkward dan pikiran negatif dan sensitif lainnya, maklum saja karena kami semua perempuan. Walaupun sebenarnya seru juga nantinya.

Untuk harga dan service yang ditawarkan Smartway ada bermacam macam. Kami memilih paket open trip dengan harga 300k/orang, ini sudah termasuk tiket, breakfast dan lain lain. Jadi intinya kami terima beres. Dijemput dan diantar ke penginapan masing-masing.

Hari itu kami akan dijemput sekitar setengah 1 pagi, setelah sebelumnya saya mendapat kontak Pak Driver dari Mas Fikri, travel consultat Smartway. Oke ini kali pertama saya mandi tengah malam, biasanya juga ga mandi ini gegayaan aja sih biar tetep seger nanti sampe Bromo nya haha. Beruntung di Mador tersedia air panas karena menurut saya udara Malang cukup dingin.

Sembari menunggu dijemput Pak Kirun, sang driver yang pada awal chatnya sempat saya panggil “Mas” haha (geli karena ternyata sudah bapak2 bhahak), kami packing semua barang kami karena sekalian check out. Lah barang bawaan dibawa ke Bromo? O tidak dong, walaupun kami sudah check out tapi barang bawaan bisa dititipkan di Mador, kami hanya membawa barang2 yang dibutuhan selama trip.

Beberapa saat kemudian Pak Kirun sudah sampai di depan Mador, kami bergegas menuju jeep untuk kemudian menghampiri 2 orang lainnya di penginapan Lily yang tidak jauh dari Mador. Selama perjalanan menuju Lily kami mengobrol tipis tipis sama Pak Kirun, masih rada canggung karena masih rada jetlag bangun tidur. Saya dan Dilla dapet jatah duduk di depan. Jalanan Malang dini hari itu sepi, hanya ada beberapa pedangang yang sudah di pasar, luar biasa memang sepagi itu sudah semangat mencari nafkah. Coba saya, jam segitu masih aja narik selimut lagi enak enaknya mimpi :'D .

Tak lama kemudian kami telah sampai di depan Lily, Pak Kirun segera menelepon 2 orang rombongan tersebut. Sambil menutup telponnya, Pak Kirun bilang, “Wah, ini ada anak kecilnya kayaknya, barusan saya telpon dia lagi nangis,” kita bengong gatau harus gimana , “ Dulu saya pernah trip ada anak kecilnya, nah dia Nangis kedinginan, akhirnya saya yang nemenin di mobil berasa jadi Bapak lagi saya “ sambil ketawa.Terus kami masing bengong dan berharap si anak ga rewel aja, semoga aman dah tapi masih rada pesimis setelah denger cerita bapake tadi.

Akhirnya 2 orang rombongan + anak bayi yang biasa dipanggil Abi bergabung dengan kami. (maapkeun nama ayah ibunya lupa :'D). Setelah saling sapa dan ngobrol perkenalan, ternyata walaupun belum genap setahun si Abi ini anaknya udah terbiasa diajak pergi jauh, sebelum ini pun kata ayah ibunya Abi udah pernah sampai Lawu loh. Seketika asumsi kepesimisan kita tentang si anak bayik ini luluh. Benar juga selama perjalanan dia ga rewel sama sekali, palingan ubeknya kalo lagi mau nenen, bahkan ceria banget ohmooo bawa pulang boleh ? Haha.

Setelah sejenak jeep berhenti di basecamp, kami melanjutkan perjalanan yang sesungguhnya. Jalanan menanjak, berkelok, berlubang, berbatu menjadi luar biasa ditemani kelip bintang yang makin lama makin terlihat banyak. Karena masih dini hari, dan ga semua jalan yang kami lewati ada penerangan jadilah kadang rada serem kalo lihat keluar jendela hah dasar anaknya cupu, jadi kalo pas lewat yang beneran tempat gelap gitu saya lebih milih buat merem, lumayan kan ya mimpi bentar haha.

Tujuan pertama kita adalah di View Point Pananjakan yang kabarnya disana dingiiin banget. Bener aja sekitar pukul 3 an kami sampai di pananjakan dengan suhu yang super dingin tapi ga same minus tenang aja ehee. Usahakan pakai jaket tebal dan segala perlengkapan kehangatan yang cukup biar ga kedinginan apalagi nantinya bikin kebelet pipis terus, karena apa? Karena bayar toilet lebih mahal dari harga t eh anget. Bayangpun, sekali ke toilet bayarnya 5 ribu. Coba aja kalo 4 kali kebelet pipis udah 20k sendiri kan boros :'D

Setelah mempertimbangkan ini itu kami memutuskan untuk naik ke Sunrise point sekitar jam 4 karena  jika siang sedikit pasti akan ramai sekali. Namun sempat galau karena bingung mau subuhan dimana, nah ternyata di dekat sunrise point ada semacam pendopo yang memang digunakan untuk tempat sholat. Jadi tempat sholatnya terbuka gitu dengan angin sepoi-sepoi super dingin. Belum lagi airnya yang mirip mirip sama air di freezer yang mulai cair brrr.

Benar juga ketika kami tiba di sunrise point sudah hampir dipenuhi dengan orang. Untuk sampai ke depan, kami harus berdesakan dan menyelinap diantara orang orang. Dan sampailah kami di agak depan. Di depan kami duduk sepasang bule yang romantis banget ga tau apa kita kita solo fighter, bhahak. Eh udah giliran mataharinya mulai nongol si bule ini pada berdiri, saya yang cuma seketeknya bingung kan ya mana mereka ngomongnya ga pake bahasa inggris. Oke suasana mulai riuh karena orang-orang yang di depan pada berdiri, kebayang kan walaupun saya di depan saya cuma bisa ngelihat dari kamera yang dibawa Dilla dan dari sela sela ketek si bule, untung aja sih ga ada bau bau aneh. Karena udah cukup dan males berdesakan akhirnya kami mundur.

Oiya sebelum berangkat ke Bromo beberapa dari kami di pandu hal hal yang akan dilakukan ketika trip melalui Whatsapp, termasuk panduan untuk menemukan Secret garden yang luar biasa itu. Karena kami, khususnya saya ini cupu dan sok tau jadilah awalnya kami salah jalan padahal harusnya jalannya gampang banget eh ini sampe belusukan, mana di awal udah sesumbar taunya nyasar geli banget. Tapi akhirnya ketemu dong dan benar saja view nya luar biasaaaa. Mau lagi mau lagi kesanaa :'D

Setelah puas berfoto ria akhirnya kami turun ke parkiran jeep untuk sarapan. Setelah itu lanjut turun ke bawah yaitu ke Bukit Cinta dan Widodaren. Sebenarnya kita bisa photo stop di Bukit Cinta tapi kami memilih untuk langsung ke Widodaren. Mengapa dinamakan Widodaren? Kata Pak Kirun dulunya para bidadari suka mandi disana. Wait, mandi? Di pasir? Entahlah haha.

Dari Penanjakan ke Widodaren tampak jelas jalanan berkelok dan turunan curam serta hamparan luasnya Taman Nasional Bromo yang tampak tak aja ujungnya. Bayangin aja kalau saya dilepas sendirian di bawah wes pasti hilang arah, mana barat mana selatan wes entahlah saking luasnya. MasyaAllah.

Dari Widodaren kami menuju ke Kawah Gunung Bromo dan Pura Luhur Poten, namun kami kompak ga pingin nanjak ke kawahnya karena satu dan lain hal yang mengharuskan kami untuk menghemat tenaga. Lagi pula kondisi disekitar kawah rame sekali.

Tak perlu berlama lama kami langsung meluncur ke Pasir Berbisik. Strukturnya menurut saya hapir sama dengan Widodaren, berpasir gitu cuma bedanya di pasir berbisik ini lebih padang pasir banget, ditambah sesekali ada semacam twist pasir yang tertup angin gitu. Tapi kecil kecil dan cuma sebentar-sebentar. Setelah puas berfoto dan melihat hamparan pasir, selanjutnya kami meluncur ke Bukit Teletubies.

Kami tiba di sana ketika matahari sedang terik dan kondisi tanaman di sekitar bukit teletubies rada gersang, banyak tanaman yang kering bahkan hangus karena mungkin saking teriknya matahari. Karena sudah mulai panas akhirnya kami hanya mampir sebentar. Niat awal pingin mampir ke air terjun Coban Pelangi namun lagi lagi kami memilih langsung turun Ke Kota.

Karena masih ada banyak waktu sebelum trip berakhir, Pak Kirun menawarkan kami dan memberi rekomendasi tempat membeli oleh oleh endes di sekitaran daerah Bromo. Kami mampir di rumah penjual Apel malang yang akhirnya hanya ibu Abi yang beli. Pingin beli sebenernya tapi mikir ulang karena pasti ribet bawa pulangnya, jadilah kami hanya icip icip haha. Selain Apel Malang, oleh oleh khasnya adalah kripik buah, lagi lagi kami mampir ke Toko kripik buah rekomendasi Pak Kirun. Harganya lebih murah dibanding yang di Kota dan pilihannya banyak. Dan disinilah kami kalap dan  pingin beli semua variannyaaa.

Sampai di kota sekitar habis dhuhur. Kami diantar ke Mador dan harus berpisah dengan Abi si bayi gemas anti rewel itu. Semoga dilain kesempatan bisa bertemu lagi ya Bi ehee. Nah karena kami sudah check out dari Malang kami hanya bisa selonjoran di terasnya atau ruang tunggu aja deh. Dan juga akhirnya kami diijinkan sewa kamar mandi dengan membayar 10k. Sayangnya di Mador belum tersedia mushola, jadi kami harus keluar untuk sholat. Tapi pas kami masih check in kami bisa sholat di dalam kamar kok. Setelah sholat kami kembali ke Mador, bersiap untuk ke stasiun. Di stasiun kami harus berpisah, mbak Rihana ke Surabaya dan kami bertiga kembali ke semarang.

Kami bertiga naik kereta yang sama tapi di gerbong yang berbeda. Oke ini kali pertama saya naik kereta Matarmaja, kereta yang paling banyak diburu para backpacker karena harga yang manis tapi memang harus super sabar karena space kaki yang sempit dan panasnya. Kami kebagian sheet 3-3, dan yang bikin rada awkward 4 sheet lainnya ditempati mas mas . Mas mas berkarier yang ternyata habis dari Semeru. Karena saya dan Dilla sudah capek dan pingin merem jadi kami ga sempet ngobrol lama, lebih tepatnya kami bicara seperlunya banget. Ga ngebayangin sih gimana pegelnya habis dari Semeru pulang ke Jakarta dan naik Matarmaja yang kakinya bener bener harus nekuk.

Sekitar pukul 2 pagi saya dan Dilla sampai di stasiun Tawang. Masih ada waktu beberapa jam sebelum Subuh untuk merem sebentar. Kami memutuskan untuk stay di musholla peron yang lebih bersih dan masih sepi. Setelah subuh saya menuju ke shelter BRT dan berpisah dengan Dilla.

Perjalanan terlama saya yang lelah tapi ternyata nagih banget. Terimakasih Dilla udah mau bersedia backpackeran dengan modal seadanya, semoga bisa kembali jalan suka suka yaa. Oke ini sepertinya sudah terlalu panjang kita akhiri saja sebelum benar benar bosan *elaah*, sampai jumpa~