Balada Tugas Akhir

by - March 07, 2016

Ini semacam posting edisi kangen masa masa sekolah. Baru sekarang nyeselnya kenapa ga daridulu nulis arsip cerita supaya besok pas udah tua terus buka blog terus keinget deh ceritanya, baru sekarang nyeselnya kenapa dulu setiap jam selo cuma buat tidur siang dan berasa pembalas dendaman setelah lembur tugas padahal setelah saya pikir pikir tugas saya juga ga sebanyak itu, oke ini hanya alasan pembelaan haha.

Bulan bulan menuju ujian gini jadi inget jaman kelas empat. Dimana karena sekolah saya adalah program sekolah 4 tahun, maka tahun terakhir adalah tahun magang dan tugas akhir. Tahun dimana ketika ada orang nanya kelas berapa bakal bingung jawab dan jelasinya, hah kelas 4? Kok empat tahun bukannya SMK cuma 3 tahun ya? Atau yang lebih parah kamu ga naik kelas ya? Sedih. namun dibalik itu saya juga merasa cukup bangga bisa menikmati 4 tahun yang hanya ada beberapa di Indonesia cieh.

Oke balik ke magang dan tugas akhir, ketika hampir semua teman saya magang di perusahaan server ISP atau jaringan saya justru melipir ke animasi. entah bagaimana ceritanya sampai akhirnya saya dan dua teman saya Elfira dan Adit mengajukan pengajuan magang di kantor animasi Edukreasi Semarang.singkat cerita sebelum diputuskan sapa yang bisa magang di Edukreasi kami harus mengkuti semacam tes seleksi karena kuota yang diterima hanya 2. Singkat cerita akhirnya yang diterima adalah saya dan siswa SMK lain. Sempet minder di awal karena pas hari H tes lihat yang lain buat animasinya keren keren sedangkan saya hanya membuat animasi ayam ayaman yang cari makan dengan gambar seadanya.

Setelah 6 bulan menjalani proses magang, 6 bulan berikutnya adalah penyusunan laporan magang dan pembuatan Tugas Akhir. Disinilah lagi lagi saya harus sendiri, dimana teman teman saya yang lain Tugas Akhirnya dikelompokkan, beberapa orang jenisnya sama walaupun pembuatannya tetap sendiri sendiri, nah karena tempat magang saya berbeda dan selama di tempat magang memang saya sendiri yang dari STEMBA, maka tugas akhir saya pun juga berbeda dan sen di ri huhu. Dimana ketika yang lain pada saling sharing, maka saya hanya bisa iri ga punya teman buat sharing. Namun dengan kesendirian saya pada akhirnya mengharuskan saya untuk mencari tau dan mengerjakan sendiri sehingga selama proses pengerjaan saya mendapat banyak ilmu baru. Sebenarnya saya sangat menikmati proses pembuatan TA saya karena saya bisa menuangkan apa yang memang saya inginkan.

Dari sekian tahapan proses pengerjaan, proses yang sangat sulit hingga berujung ke bimbangan adalah ketika menentukan apa yang ingn saya buat, tentu saja yang berbau animasi. Sempat terpikir buat semacam kumpulan rumus tapi setelah dipikir pikir bakal banyak banget bahannya sedangkan waktu mepet karena sebelum ujian praktik kejuruan sudah harus selesai. Akhirnya setelah menimang dan menimbang, munculah ide untuk membuat media pembelajaran berbasis animasi. Kemudian saya memilih lebih fokus ke materi jurusan, tujuannya agar kelak TA saya dapat digunakan untuk proses pembelajaran untuk adik kelas nantinya.

Dan dari seluruh proses pembuatan, proses yang paling menyenangkan adalah ketika layouting dan membuat gambar ilustrasinya, yang lainnya, sebut saja proses coding dan motion saya kerjakan dengan ngos ngosan. Berulang kali masih saja ada yang salah alurnya sehingga ketika di klik menu A malah munculnya menu C dan masih banyak lagi masalah yang akhirnya membuat saya semakin bandel sama masalah coding.


Ini adalah tampilan awal model pembelajaran berbasis animasi saya, walaupun saya masih menggunakan code dan motion basic namun saya cukup puas dengan hasilnya. Di tampilan awal ini, cukup klik pada icon komputer maka kita akan masuk ke menu utama.



 

di menu utama ini ada beberapa icon yang ketika di gulir akan membuat icon membesar dan muncul tulisan judul materi, jadi tinggal klik aja ikon yang dipilih kemudian akan muncul materi.








Beberapa tampilan page materi. Oiya jadi selain tampilannya dibuat lebih menarik, project ini juga dibuat interaktif, jadi akan banyak ikon yang dapat di klik serta screen yang dapat dinaik turunkan agar pengguna tidak bosan selama proses pembelajaran.

Ini dia, halaman khusus untuk saya haha, halaman ini akan muncul ketika ikon di pojok kanan atas di klik.

Nah bagi teman teman yang sedang dalam masa kegalauan memikirkan project Tugas Akhir semoga ini bisa menjadi sedikit referensi. Jadi, apapun project yang akan dibuat, asalkan diniatkan sepenuh hati dan usaha yang ga cuma wacana, pasti hasilnya memuaskan kok. Selamat berkreatifitas !


Best Regard,
Lina Listyawati


You May Also Like

0 komentar