Chibi Character by Adobe Flash CS6

by - September 05, 2014

Suatu kewajiban seorang siswa sekolah menengah kejuruan di tahun terakhir masa pembelajaran adalah melaksanakan prakerin. berbeda dengan sekolah lain, masa prakerin sekolah saya terbilang sangatlah lama, yaitu 6 bulan. dengan pertimbangan waktu yang lama tersebutlah saya kemudian benar benar memilih tempat prakerin yang sesuai dengan apa yang saya mau, mengapa begitu? karena walaupun kompetensi keahlian saya yang sebenarnya adalah mengenai jaringan komputer, akan tetapi sepertinya kemauan sekaligus kemampuan saya tidaklah disana yah semacam salah jurusan begitu, namun apa boleh buat apa yang sudah kita mulai harus kita selesaikan bukan hihi. nah karena itulah pada akhirnya saya menemukan tempat yang insyaAllah tepat untuk mengembangkan kemauan saya yang InsyaAllah juga kelak menjadi kemampuan, amiiiin. 

Di tempat saya prakerin inilah kemudian saya sedikit move on dari Photoshop dan benar benar ber pdkt ria dengan flash. yang semula saya menganggap flash itu rumit, setelah berkali kali menyapanya ternyata ia ramah looh. ya mungkin pepatah " tak kenal maka tak sayang" itu memang benar, kita harus mau mengenal terlebih dahulu untuk kemudian menjadi dekat ciaah *oke lupakan. 

Karena kali ini kebetulan di tempat prakerin saya sedang mengerjakan visualisasi kurikulum tematik, maka tak heran apabila setiap hari saya harus bercengkrama dengan Flash ini. dan kemarin ketika job saya longgar, saya putuskan untuk mulai menggambar sebuah chibi character yang sebenarnya sudah lama sekali pingin saya buat, namun apaboleh buat karena tak sempat waktu juga kadang niat yang benar benar tidak niat itulah keinginan saya tidak terwujud.hiks. namun kali ini saya beneran niat looh. sampe buat tutorial segala haha. sedikit rahasia ini tutorial saya buat setelah gambar saya selesai looh, awalnya ga kepikiran sama sekali buat turorial eh pas gambarnya jadi kok sayang ya kalo ga dibuat tutorial, walhasil tutorial ini saya buat dengan perintah "undo" satu per satu haha.
selamat mencobaaa...

 pertama tama buatlah siluet atau bentuk dasar karakter yang akan dibuat 

 kemudian sedikit demi sedikit buat detail karakter, misalnya tekukan baju, sepatu atau lainnya.


 tambahkan pula detail pada wajah karakter

 warnai sediki demi sedikit. pemilihan warna yang tepat akan membuat karakter kamu lebih "hidup" 


 tambahkan pula efek bayangan dengan memberi warna pada bagian tertentu lebih gelap dari bagian yang lain.




  untuk memberi efek stroke pada Adobe Flash cukup rumit apabila dibanding dengan Adobe Photoshop. setelah gambar karakter selesai, convert gambar menjadi sebuah symbol, kemudian copy symbol tersebut selanjutnya break apart salah satu simbol berkali kali sampai benar benar terpecah.

 gambar di atas adalah hasil break apart . (sebelah kiri)

setelah itu, klik pada gambar (kiri)  -> modify ->combine object -> union
untuk membuat gambar tersebut menjadi objek baru. kemudian ubahlah wana seperti gambar di atas.

atur pula stroke nya agar objek lebih besar dari karakter

 selanjutnya ikuti langkah di atas untuk membuat bayangan berada di belakang karakter.

langkah terakhir adalah menambahkan background atau tulisan agar gambar telihat lebih bagus.

tadaaaa jadilah seperti ini. tunggu apalagi let's draw now guys :D

You May Also Like

1 komentar

  1. eh to sopo kui o.o lanjutkaaaan don't be a stranger person (?)

    ReplyDelete