Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Film Nasional

by - December 23, 2012



Assalamualaikum wr wb 

wah berasa sudah lama banget nggak ngepost nih,nah kali ini aku bakal nyeritain salah satu kegiatan aku pas liburan. Apasih?? Okay langsung aja ya,kemaren tepatnya hari Kamis tanggal 20 Desember 2012, aku ikut seminar yang bertempat di SMA Negeri 1 Ungaran dalam rangka menyambut pekan film nasional, nah karena itu maka tema seminar kali ini masih ada sangkut pautnya alias masih ada ikatan darah #ceilah darah sama dunia film perfilman,dan ruang public.

 Iya tema kali ini yaitu “Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Film Nasional” I think thats a good theme, ya pas lihat tulisan itu tambah tertarik buat ikut ni seminar haha. Kalo seminar pasti ada pembicara utamanya kan Lin??siapa?? o iya, nah pembicara atau narasumber di seminar kali ini adalah Om Garin Nugroho (inget ya Garin ,bukan Garing wkwkwk) siapa sih dia?? Beliau adalah seorang sutradara kenamaan Indonesia. Karyanya telah banyak mendapatkan penghargaan internasional ,film-filmnya sarat akan nilai nilai pembelajaran,baik itu politik, social, agama, nasionalisme, dan masih banyak lagi. Beliau adalah salah satu sutradara terbaik di negeri ini, asset bangsa kita lhoh haha. Mungkin sebagian dari temen temen nggak begitu tahu mengenai karya-karya beliau karena memang karya beliau mencapai puncaknya mungkin pas kita TK atau bahkan belum lahir haha. Namun bukan menjadi halangan untuk kita mengapresiasi karya karya beliau, nah ini ni beberapa judul..


 
Banyak juga ya hehe, selain menyutradarai film, beliau juga menjadi sutradara beberapa iklan lhoo J




sehari sebelum seminar, memang aku sempat membaca biografi beliau, mengetahui bahwa hampir semua film karya beliau adalah film serius, terbesit sebuah pertanyaan yang ingin aku haturkan untuk beliau. Nah pas hari H agak nggak yakin sih pertanyaanku bisa tersampaikan nggak ya?? Apalagi pas sampai di lokasi seminar dan mengetahui bahwa pesertanya ternyata dari semua kalangan  --“  kirain Cuma buat teenage doang haha. Yups seminar kali ini dihadiri oleh bapak wakil Bupati Kab.Semarang, Pengamat Pendidikan dan Budaya Kab.Semarang, serta kepala sekolah smp, sma Kab. Semarang yah begitulah kurang lebihnya.

Pada seminar kali ini Om Garin menyampaikan banyak sekali kekurangan juga kelebihan dunia perfilm-an di Indonesia, beliau juga membandingkan perkembangan dunia industry film Indonesia dengan Negara-negara lain. Tidak ketinggalan juga beberapa analisis mengenai perkembangan film dan ruang public yang dirasa kian taun kian tak berkualitas, tentunya di Negara kita. Nah ini ni tugas kita sebagai generasi muda untuk memperbaiki kualitas dunia entertaint, sehingga dapat digunakan sebagai bahan atau objek pembelajaran yang efektif, karena melalui media khususnya media elektronik (vaudio visual) masyarakat akan lebih mudah menangkap hal baru. Nah apa jadinya jika hal baru yang ditangkap itu sarat akan ketidakbaikan?? Pastinya juga akan berdampak tidak baik bukan.


“menginginkan kesempurnaan pada dunia pendidikan itu pasti, namun permasalahan terbesar ternyata terletak pada perkembangan hiburan dan ruang public”
Kita semua tahu bahwa akhir akhir ini para seniman tak jarang hanya menggunakan “kemasan” saja sebagai senjata untuk menaikkan rating tanpa memperhitungkan kualitas isi jadi asal nyambung saja. Padahal sebenarnya justru yang penting adalah kualitas isi, namun akan lebih baik lagi jika keduanya sama-sama baik J


Mengenai karakteristik, sebenarnya sebuah karya film suatu bangsa itu mencerminkan karakter bangsa itu sendiri. Nah ini ada beberapa Negara yang dicontohkan mempunyai karakteristik antara lain:
Amerika = terkenal dengan pencapaian keberhasilan individunya, intinya jadi nomor satu gituu :D
Iran = Kalo di sini jadi nomor 3 pun nggak masalah, contoh sebuah film seorang anak lebih memilih untuk mendapatkan juara ke 3 ketimbang menjadi juara 1 karena juara 3 akan mendapatkan hadiah berupa sepatu,karena sanga adik sangat menginginkan sepatu J
Jepang & Korea = kedua Negara ini hamper sama, kisah dalam filmnya sebagian besar menceritakan tentang keluarga, rasa kekeluargaan, kehangatan dalam keluarga, persahabatan, etc.
India = sudah tahu pasti kan, di Negara ini sebuah karya film identic dengan tari tariannya,  lagu-lagu serta itu juga busana daerahnya, romansa kisah percintaan yang dibalut dengan alur cerita yang penuh intrik dan lika liku J

Nah pertanyaannya, lalu bagaimanakah sebenarnya karakter film film bangsa kita??

Itu menjadi PR untuk kita semua para generasi muda pada khususnya dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya untuk membuat atau mencari karakter kita J. Apakah dengan maraknya film film bertajuk horor, lama kelamaan akan membentuk karakter bangsa kita menjadi bangsa yang dikenal mempunyai banyak sekali macam hantu mulai dari yang lagi keramas, mandi, shampoan, ?? haha tentu saja tidak bukan??


Nah satu lagi PR untuk kita, bagaimana caranya agar bangsa ini bukan hanya menjadi bangsa yang selalu puas mengkonsumsi, namun bangsa yang gemar memproduksi J
Okay sekian dulu ya ceritanya, semoga corat coretan ini dapat menjadi sedikit bahan referensi bagi temen temen semua. Sebenarnya masih banyak sekali yang belum aku cantumkan dalam tulisan ini hehe untuk info lebih lanjut silahkan hubungi nomor di bawah ini… wkwkw
Terimakasih sampai jumpa di post berikutnya J

Wassalamualaikum wr wb





You May Also Like

0 komentar